Arab Saudi Bersiaga, Ditengah Peringatan Cuaca Buruk

...

Arab Saudi bersiaga melalui Otoritas Bulan Sabit Merah di wilayah Makkah ditengah peringatan cuaca buruk yang dikeluarkan oleh Pusat Meteorologi Nasional (NCM). Tim relawan dipersiapkan untuk menangani situasi di tengah hujan lebat termasuk Masjidil Haram yang diguyur hujan akhir-akhir ini.

Direktur Otoritas Bulan Sabit Merah Wilayah Makkah Dr. Mustafa bin Jameel Baljoun mengatakan pihaknya sudah menyiapkan semua pusat komando dan kendali, pusat darurat, dan tim tanggap khusus untuk menangani situasi di tengah hujan lebat. Ditambah lagi layanan ambulans yang disiagakannya tidak dipengaruhi oleh kondisi cuaca.

Dilansir kantor berita Arab Saudi, SPA, otoritas meningkatkan kesiagaannya di 98 pusat di seluruh Makkah dengan mengerahkan tim dokter, spesialis, dan teknisi ambulans kedokteran darurat. Ada 1.420 penyedia layanan dipersiapkan untuk merespons cepat yang didukung dengan kurang lebih 149 kendaraan, termasuk ambulans dan kendaraan tanggap bencana.

Tidak hanya itu, dipersiapkan pula ambulans udara untuk memberikan dukungan tambahan.

Otoritas Bulan Sabit Merah Wilayah Makkah turut mengimbau warga dan penduduk untuk mengikuti instruksi dari otoritas yang berwenang, berhati-hati selama fluktuasi cuaca, mematuhi peraturan keselamatan lalu lintas, dan menghindari area berbahaya seperti sungai dan genangan air hujan.

Masyarakat juga diimbau untuk melaporkan keadaan darurat melalui telepon 997 atau aplikasi Asefne.

Sebelumnya, akun media sosial X kantor berita tentang Masjidil Haram, Haramain Info, membagikan suasana hujan deras disertai petir melanda Masjidil Haram pada Selasa (3/9/2024) lalu. Dilihat detikHikmah, Ka'bah masih terlihat dikelilingi jemaah umrah. Beberapa ada yang mengenakan payung di sekitar Ka'bah.

Dilansir Saudi Gazette, Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil sebelumnya sempat mengeluarkan peringatan cuaca buruk berupa badai petir di sejumlah wilayah dalam beberapa hari ke depan.

Wilayah Makkah diperkirakan dilanda hujan sedang hingga lebat yang berpotensi menyebabkan banjir bandang, hujan es, dan angin kencang. Sementara itu, wilayah Riyadh diprediksi mengalami hujan ringan hingga sedang serta angin kencang.

Hujan sedang hingga lebat diprediksi melanda wilayah Madinah, Al-Baha, Aseer, Jazan, dan Najran sedangkan wilayah Hail, Qassim, dan wilayah Timur diperkirakan mengalami hujan ringan.